Tips Ini Membantu Anda Menanam Markisa Di Rumah Anda Dengan Paranet

Tanaman Markisa

Hai semuanyaaa semoga kalian baik-baik saja dan tetap dalam keadaan sehat selalu, kembali lagi dengan si penulis yang biasa membahas seputar peternakan,pertanian dan juga perkebunan. Nah di kesempatan kali ini, saya ingin berbagi informasi dengan kalian semua perihal tips untuk membantu kalian saat menanam markisa di rumah anda sendiri.
Markisa merupakan tanaman yang bisa bertumbuh atau berkembang di dataran manapun, mau itu dataran tinggi ataupun dataran rendah dan di tanah apapun markisa bisa tumbuh dengan baik. Fun fact, anda bisa menanam tanaman markisa ini di halaman rumah anda atau bagian rumah anda yang kosong.
Markisa sendiri juga merupakan termasuk dalam jenis tanaman rambat yang sama seperti tanaman buah anggur, dan berikut ini adalah tips untuk anda yang ingin menanam tanaman buah markisa ini di halaman rumah anda. Simak baik-baik ya

Pembibitan
Nah tahap pertama dari tips ini adalah pembibitan, di masa saat ini sudah banyak toko-toko yang menjual bibit markisa yang berkualitas dan anda juga bisa mendapatkan bibit markisa ini dengan mendatangi toko atau memesan secara online.
Anda juga bisa melakukan pembibitan sendiri dengan metode berikut. Pertama-tama, yang anda lakukan adalah dengan metode generatif atau anda mengambil bibit dari markisa yang sudah tua, ambil biji dari markisa dan rendam di dalam air hangat selama sehari semalaman dan setelahitu jemur biji tersebut hingga mengering. Metode yang kedua yang bisa anda lakukan berikutnya adalah dengan metode setek atau vegetatif, dengan mengambil batang tanaman markisa yang masih bagus dan memotongnya lalu menanamnya.

Penanaman
Jika menggunakan metode generatif, akan lebih baik membuat biji yang disediakan itu tumbuh atau berkecambah dahulu, dan biji markisa yang sudah kering itu bisa ditanam di dalam polybag yang berisi dengan pupuk kandang. Saat bibit anda sudah siap untuk dipindahkan, lalu lakukan pembuatan lubang di tanah atau pot dengan lebar, panjang dan tingginya sekitar 15 cm, setelah itu isi 1/3 lubang dengan pupuk kandang yang sudah disiapkan sebelum menanam bibit markisa. Yang anda lakukan adalah memasukkan bibit ke dalam lubang dan tutup dengan tanah.
Jika anda menggunakan metode yang kedua atau setek, penanamannya menjadi lebih mudah atau praktis, hanya siapkan lubang yang diberi pupuk kandang dibawah lubang dan tanam batangnya, kasih jarak antara batang satu dengan batang yang lain sekitar 3x3meter

Baca Juga :
Manfaatkan Buah Belimbing Bagi Kesehatan Manusia
Gunakan Polynet Untuk Konstruksi Bangunan Supaya Terjaga Keselamatannya Saat Bekerja
Ingin Bisnis Sukses & Melimpah, Coba Saja Budidaya Ikan Lele!!

Pengairan
Di tahapan pengairan ini yang anda lakukan adalah anda melakukan pengairan atau penyiraman secara rutin di pagi hari atau sore hari agar tanaman markisa ini bisa tumbuh dan juga berkembang dengan bik, apabila saat tanaman mulai berbunga atau berbuah, lebih baik anda tingkatkan intensitas penyiramannya agar buah yang dihasilkan nanti lebih bagus dan berkualitas.

Penyiangan
Yang perlu anda lakukan di tahap ini adalah menyingkirkan gulma atau tanaman liar di sekitar markisa.

Pemupukan
Berikan atau lakukan pemupukan saat markisa anda berusia 1,5 bulanan atau bisa dilakukan sebanyak 3x setahun. Lebih baik memakai pupuk organik sebagai dasarnya, dan pupuk kimia seperti pupuk urea,KCL dan sejenisnya dapat dibuat sebagai tambahan.

Memasang media rambat
Markisa adalah tanaman yang tumbuh dengan merambat, siapkan media rambat ini agar sulur-sulur markisa mampu merambat dengan rapi dan baik apabila jika tanaman ditanam di halaman, anda bisa menuapkan bilah bambu dengan tinggi sekitar 2 meter. Tancapkan bambu tersebut di sekitaran tanaman dan dibagian atas bambu tersebut pasangkan tali rapia atau kawat agar menghubungkan sulurnya. Memasang media rambat memudahkan tanaman dalam merambat dan memudahkan proses pemanenannya.

Nah itulah beberapa tips untuk menanam markisa di halaman rumah anda. Semoga penjabaran dari ulasan saya tentang tips dalam menanam markisa yang ada di rumah menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa untuk share dan sampai jumpa kembali semuanyaa..

Tinggalkan komentar